Selasa, 09 Oktober 2012

Reportase Koperasi




Hari pertama matakuliah softskill dosennya sudah memberikan tugas, salah satunya adalah membuat reportase tentang koperasi dengan menggunakan 5W+1H. Dan hari ini saya langsung menemui penanggung jawab koperasi itu dan bertanya tanya seputar koperasi tersebut, inilah hasil dari wawancara saya dengan penanggung jawab koperasi itu. Nama koperasi saya rahasiakan dan nama penanggung jawabnya saya samarkan.
D : Saya
H : Penanggung jawab koperasi.

1.      D : Menurut anda, apa koperasi itu?
H : Menurut saya, koperasi adalah perkumpulan otonom dari orang-orang yang bergabung secara sukarela untuk memenuhi kebutuhan dan aspirasi ekonomi social dan budaya mereka yang sama melalui perusahaan yang di miliki bersama dan diawasi secara demokratis.

2.      D : Apa tujuan dari koperasi ini di dirikan?
H : Membimbing dan mengembangkan sikap menghemat di antara para anggotanya,
Memberikan pinjaman yang layak, cepat, tepat dan terarah, dan Mendidik anggotanya dalam hal menggunakan uang secara bijaksana.

3.      D : Siapa saja yang boleh bergabung di koperasi ini?
H : Ya, tentu saja semua orang boleh bergabung di koperasi ini.

4.      D : Kapan koperasi ini di dirikan?
H :  22 Agustus 1987.

5.      D : Berapa banyak anggota di koperasi ini?
H : Kurang lebih sekitar 6200 orang.

6.      D : Berapa banyak koperasi ini dapat memberikan pinjaman kepada anggotanya?
H : 3x dari simpanan anggotanya.

7.      D : Apakah ada jaminan pada setiap pinjaman? Kalau ada, apa saja jaminan nya?
H : Ya tentu saja ada, jaminan nya BPKB motor atau mobil dan sertifikat rumah.

8.      D : Bagaimana anda mengelola koperasi ini?
H : Pada prinsip nya dana yang di kumpulkan hanya dari anggota, pinjaman yang di berikan hanya untuk anggota dan hasil yang di dapat hanya untuk anggota.

9.      D : Berapa simpanan pokok di koperasi ini?
H : Rp. 100.000

10.  D : Berapa simpanan wajib di koperasi ini?
H : Rp. 25.000

11.  D : Bagaimana cara nya untuk menjadi anggota di koperasi ini?
H : Hanya mengumpulkan fotocopy KTP dan KK.

Itu hasil dari reportase koperasi saya, mungkin masih banyak kekurangannya.
Terima kasih.

Dibuat oleh :  Debby Septianti
                        2EB11
                        21211784

Lambang Koperasi



                    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar